29 Jun
Bahan Ajar Pelatihan Merajut
Disusunnya bahan ajar dari pelatihan Belajar Merajut ini adalah untuk memberikan panduan yang mendetail kepada UMKM dalam mengembangkan keterampilan merajut mereka. Bahan ajar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis peserta dalam merajut, mulai dari pemilihan benang dan alat yang tepat, teknik dasar hingga teknik lanjutan merajut, serta desain dan penyelesaian produk akhir yang berkualitas. Dengan bahan ajar yang dirancang secara praktis dan mudah dipahami, diharapkan UMKM dapat menciptakan produk rajutan yang kreatif dan bernilai jual tinggi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan, membuka peluang usaha baru, dan memperkuat daya saing produk lokal di pasar domestik maupun internasional.
29 Jun
Bahan Ajar Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele
Tujuan bahan ajar dari pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele untuk memberikan panduan praktis yang mudah dipahami oleh UMKM dalam mengolah ikan lele menjadi produk abon yang bernilai jual tinggi. Bahan ajar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis UMKM dalam memanfaatkan potensi ikan lele, mengoptimalkan sumber daya lokal, dan meningkatkan pendapatan serta daya saing produk mereka di pasar. Dengan bahan ajar ini, diharapkan UMKM dapat lebih mudah mengikuti tahapan pembuatan abon ikan lele, mulai dari persiapan bahan baku, proses produksi, hingga teknik pengemasan yang baik dan menarik.
28 Jun
Bahan Ajar Pelatihan Pembuatan Abon Nangka
Bahan ajar pelatihan Pembuatan Abon Nangka ini untuk menyediakan panduan praktis yang jelas dan mudah dipahami oleh UMKM dalam mengolah nangka menjadi produk abon yang inovatif dan bernilai jual tinggi. Bahan ajar ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan pengetahuan UMKM dalam memanfaatkan potensi buah nangka, mengoptimalkan sumber daya lokal, dan menciptakan produk makanan yang unik dan kompetitif di pasar. Dengan bantuan ini, diharapkan UMKM dapat mengikuti langkah-langkah pembuatan abon nangka secara efektif, mulai dari pemilihan dan persiapan bahan baku, proses produksi, hingga teknik pengemasan yang menarik, sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan keberlanjutan usaha mereka.
18 Nov
Termasuk UKM di kelas manakah Anda? Ayo kenali cluster UKM di SETC!
Pinnacle Pendapatan > Rp. 2.500.000.000,- Berniat memenuhi pasar luar negeri tetapi tidak mengerti bagaimana melakukan ekspor Membutuhkan strategi untuk menemukan investor dan mitra bisnis untuk mengembangkan bisnis Perlu memahami tata kelola perusahaan Harus mengikuti perkembangan global Collaborator Pendapatan < Rp. 301.000.000 - Rp.900.000.000, - / tahun Mampu berproduksi hingga jumlah tertentu tetapi masih perlu memantau kualitas produksinya Mulai menghadapi tantangan kesinambungan produksi karena mereka menghadapi tantangan mempertahankan pekerja terampil Mulai memahami kebutuhan untuk mendelegasikan tugas dan memahami sistem organisasi Ingin menjadi lebih besar tetapi membutuhkan dorongan dan pengetahuan untuk meningkatkan bisnis Mulai memahami pentingnya akuntansi dan perpajakan Perlu membangun merek produk atau layanan mereka Collaborator + Pendapatan < Rp. 901.000.000, - - Rp.2.500.000.000, - / tahun Menyadari peluang untuk memenuhi permintaan pasar domestik, tetapi mereka membutuhkan sumber modal bisnis alternatif Mulai menghadapi tantangan dalam mempertahankan rantai pasokan Merasa perlu untuk melakukan negosiasi dengan konsumen dan pemasok Mengerti untuk berinovasi agar menjadi besar Sangat membutuhkan untuk memahami manfaat teknologi digital untuk bisnis mereka Igniter Pendapatan < Rp. 150.000.000, - per tahun Sudah memulai dan menjalankan usaha kecil tetapi masih membutuhkan modal finansial untuk dapat berproduksi secara teratur Telah mampu menjalankan produksi tetapi masih menghadapi tantangan dalam menjaga kontinuitas dan konsistensi dalam produksi Sudah mengerti dan merasakan manfaat menjadi wirausaha, tetapi masih perlu meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka Igniter + Pendapatan < Rp. 151.000.000 - Rp. 300.000.000, - / tahun Telah mampu menjalankan produksi secara teratur tetapi masih membutuhkan modal finansial untuk menghasilkan lebih banyak Perlu membuat rencana agar bisnis dapat bertumbuh Mulai menghadapi tantangan dalam menjaga kontinuitas bahan baku Mulai memahami perlunya menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk / layanan mereka Menghadapi kesulitan untuk bernegosiasi dengan karyawan