SETC
Ketangguhan, kreatifitas dan kemandirian adalah kekuatan para wirausaha dalam mengembangkan usahanya. Seringkali cerita mengenai kesuksesan wirausaha membuat kita kagum dan memberikan apresiasi, namun kisah jatuh bangun serta tantangan yang dihadapi saat memulai usaha hingga berhasil mengembangkan usaha adalah yang paling memberikan inspirasi bagi yang lain.
.jpg)
PT HM Sampoerna Tbk., melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC), dengan sukses menggelar Bazaar UMKM SETC (BUS) pada Kamis, 19 Desember 2024 di berbagai lokasi strategis, termasuk Plant Sukorejo, Rungkut 1, Rungkut 2, Jakarta, dan Karawang.
Kegiatan ini bertujuan mendukung pertumbuhan UMKM binaan SETC sekaligus memberikan peluang bagi mereka untuk memperluas pasar dan jaringan bisnis di lingkungan internal PT HM Sampoerna Tbk. Dengan mengusung semangat kolaborasi, BUS menjadi ajang sinergi antar UMKM untuk menciptakan ekosistem pemberdayaan yang berkelanjutan.
Tahun ini, BUS menghadirkan lebih dari 87 pelaku UMKM binaan SETC dari berbagai sektor, mulai dari makanan dan minuman, fashion, hingga kerajinan tangan. Selain itu, SETC juga berkolaborasi dengan program HOPE (Holistic Program for Employability) yang mempersiapkan karyawan memasuki masa pensiun. Para karyawan dari program tersebut turut berpartisipasi dalam bazaar, menampilkan berbagai produk kreatif dan inovatif.
BUS tidak hanya berfokus pada transaksi penjualan, tetapi juga memberikan pengalaman yang mengedukasi dan menyenangkan bagi para pengunjung. Beberapa aktivitas unggulan meliputi Hands-On Creation, voucher, dan doorprize untuk memeriahkan acara dan mendorong transaksi di setiap tenant UMKM.
Hands-On Creation menjadi salah satu daya tarik utama dalam kegiatan Bazaar UMKM SETC (BUS). Program ini mengajak pengunjung terlibat langsung dalam proses kreatif pembuatan berbagai produk dari UMKM binaan SETC. Selain menjadi sarana edukasi, Hands-On Creation juga memperkenalkan keterampilan yang selama ini menjadi ciri khas dari program pelatihan yang diadakan oleh SETC. Hands-On Creation yang diselenggarakan diantaranya: Merajut tas, melukis tas, membuat aksesori, dan meracik the nusantara. Program ini berhasil menarik minat total 274 peserta yang antusias belajar langsung dari para pelaku UMKM. Selain memberikan pengalaman baru, Hands-On Creation juga membantu peserta memahami nilai dari produk UMKM serta memberikan wawasan tentang potensi bisnis kreatif.
Menurut Arief Triastika, Head of External Affairs PT HM Sampoerna Tbk., “Bazaar UMKM SETC adalah wadah untuk menampilkan kreativitas dan juga produk terbaik UMKM. SETC dalam hal ini berperan tidak hanya sebagai pusat pelatihan, namun juga sebagai media untuk meningkatkan kolaborasi dan akses pasar.”
Vivin, pemilik Sushique SBY yang turut berpartisipasi dalam BUS 2024, menyampaikan apresiasinya terhadap acara tersebut. Ia menilai kegiatan ini sangat berkesan dan berjalan dengan baik, serta merasa terkejut sekaligus senang karena produknya berhasil terjual habis dalam waktu hanya 5 jam. Sementara itu, Acik Yuli selaku trainer Hands-on Creation mengapresiasi antusiasme karyawan Sampoerna dalam mengikuti workshop pembuatan aksesoris. Baik laki-laki maupun perempuan, seluruh peserta menunjukkan semangat dan turut terlibat dalam kegiatan ini.
Bazaar ini dilaksanakan dari pukul 06.00 hingga 16.00 WIB, bertepatan dengan jam traffic karyawan. Dalam durasi 10 jam, BUS berhasil mencatat lebih dari 1.161 pengunjung meningkat 32% dari tahun 2023 dan mencetak omzet hingga Rp 143 juta, 87% lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Tidak hanya memberikan peluang penjualan langsung, BUS juga memperluas eksposur produk UMKM binaan kepada karyawan internal PT HM Sampoerna.
Bazaar UMKM SETC (BUS) tahun ini kembali membuktikan bahwa pemberdayaan UMKM membutuhkan sinergi dari berbagai pihak. Melalui kegiatan seperti ini, PT HM Sampoerna Tbk. melalui SETC terus berkomitmen menciptakan peluang usaha yang berkelanjutan, memberdayakan UMKM lokal, serta memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.